16 April 2013

Menghilangkan Stress Pikiran


Inspirasi-one,  Hidup sekarang ini tak sedikit masalah, banyaknya persaingan dan perubahan serta perkembangan yang harus selalu kita ikuti. Kadang orang bisa stress dan bahkan ketika sampai puncaknya  akan membuat tidak bisa berpikir atau konsentrasi. Jika hal ini terjadi, maka lakukanlah hal-hal berikut ini guna mngatasinya.
     Meskipun stres jika dalam skala tertentu baik untuk kesehatan, tapi jika sampai berlarut dan mengganggu pekerjaan sehari-hari tentu harus segera diakukan penanganan tersendiri agar dapat kembali beraktivitas dan bekerja kembali.  Relaksasi merupakan salah satu kegiatan yang efektif dalam mengatasi kesehatan mental, serta mencegah berkembangnya stress dan kecemasan. dan pada akhirnya membuat orang merasa lebih baik kembali. Ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk relaksasi misalnya berendam di bak mandi, kolam renang, air terjun, mendengarkan musik lewat DVD player, Televisi, atau hp dan di konser langsung. dan bisa juga dengan berjalan-jalan di taman bunga yang cukup luas dan sejuk. Tapi bagi beberapa orang kegiatan tersebut tidak mesti berhasil menghilangkan stressnya.
     Setelah hal di atas tidak juga mengusir stress pada diri anda, maka boleh dicoba melakukan hal berikut ini :

1. Pilihlah tempat yang tenang dimana tidak ada orang yang akan ganggu.
Bisa dilakukan dirumah, jika memungkinkan. ditempat yang jauh dan sepi, misalnya pantai, hutan, pinggir danau, yang penting tenang dan tidak ada gangguan dari orang lain. berpikirlah yang jernih dan positif... jangan yang negatif dan terlarang. Ingat pada Tuhan.

2. Melakukan beberapa latihan peregangan ringan untuk meredakan ketegangan otot. Otot yang tegang kita renggangkan, melakukan pelemasan dengan gerakan peregangan. Jangan nyawa yang diregangkan yach... tapi ototnya... biar lentur dan rileks kembali.

3. Buatlah diri senyaman mungkin, baik dengan duduk atau berbaring atau juga berdiri.
pegel duduk ya berdiri, pegel ya berbaring,, oke..

4. Mulailah bernapas secara perlahan dan dalam dengan tenang dan mudah atau tidak menyusahkan diri sendiri. Aturlah napasnya agar otak dan paru-paru latihan bekerja konsentrasi dalam tarikan nafas yang teratur.. masuk ..... keluar....dengan tempo yang teratur.

5. Pijat dengan lembut dan rileks setiap bagian tubuh mulai dari kaki hingga wajah dan kepala. Jadi tukang pijat dadakan buat diri sendiri... bayarannya ya ngilangin setress otot-otot kita.

6. Ketika fokus pada masing-masing daerah, pikirkan kehangatan, kebahagian dan relaksasi.

7. Usahakan mendorong keluar pikiran-pikiran yang mengganggu.
Ini nich yang perlu usaha... pikiran apa saja yang memberatkan dan jadi beban anda,, keluarkan semuanya...buang jauh-jauh.. semampunya..

8. Jangan terlalu memaksa diri, cukup melepaskan ketegangan di otot sehingga memungkinkan untuk jadi rileks.

9. Biarkan pikiran kosong, beberapa orang biasanya dengan membayangkan tempat yang tenang dan indah seperti taman atau padang rumput.

10. Tetaplah seperti itu selama kurang lebih 20 menit kemudiam ambil napas dalam-dalam dan buka mata, tapi tetap duduk atau berbaring selama beberapa saat sebelum bangun.

Ya, semoga pikiran yang menekan anda segera anda kuat memikulnya tanpa jadi beban berat lagi. Anda jadi kuat dan ceria kembali.

Tiada ulasan: