24 April 2013

Diet sehat dengan pola makan teratur dan terukur

     Tubuh yanig ideal adalah tidak terlalu gemuk sehingga sulit berlari, susah jongkok, susah juga nyari ukuran baju standar, juga tidak kagetan dan jantungan tentunya... selain itu juga bukan berarti kurus kering tinggal tulang belulang yang kelihatan, sehingga kena angin bisa roboh, dan tidak punya tenaga. serta kurang gizi. Tubuh ideal adalah diantara kurus dan gemuk. memiliki berat yang proporsional dengan tingginya. yakni: sekitar tinggi badan dikurangi 100 cm. 
     Namun karena kebiasaan pola makan yang berbeda, misalnya banyak makan makanan yang banyak dan berkalori serta berlemak bayak. maka ia jadilah seorang yang gendut, gemuk. apalagi tidak diimbangi dengan olahraga atau aktifitas yang membakar kalori dan lemak dalam kesehariannya. jadilah mekar tubuhnya. bahkan sekilas kayak bengkak dan melar. seperti karet kena air.
Hal ini tentu membuat tidak nyaman bagi pemiliknya. untuk dapat bergerak bebas dengan cepat. bahkan beberapa penyakit siap menyerangnya jika dibiarkan terus. seperti stroke, jantung, dan lainnya.
Oleh karena itu banyak orang yang ingin berubah, baik karena faktor kesehatan maupun sosial. Apalagi bagi seorang wanita, tubuh merupakan aset utama yang sangat diperhatikan termasuk berat tubuhnya, besar kecilnya perut, dan sebagainya. Maka banyak cara yang ditempuh guna menurunkan berat badan dengan diet makanan maupun berolahraga. 
Makanan yang cocok buat diet mungkin dicari cari oleh mereka yang mau diet. Namun untuk diet sehat menurut saya adalah cukup mengurangi porsi makanannya dalam sehari-hari. Baik dalam jumlahnya maupun dalam macam yang dimakannya. Tidak semua makanan yang ditemuinya dilahap habis. Main ke tempat tean ada makanan disikat habis, di rumah ada makanan disantap lagi. ada orang datang bawa makanan dimakan lagi. kalau semacam ini seolah perut adalah tempat pembuangan makanan. Mentang-mentang gratis atau ada makanan banyak. Kalau sehari mungkin tidak apa-apa tambah, nutrisi. Kalau tiap hari banyak makanan terus ya pasti tubuh melar..
Jadi Makanlah secukupnya saja, tidak sampai kenyang, apalagi sampai mau ke leher. Cukup sepertiga atau maksimal setengah perut saja, sisanya buat air dan udara. Tidak bakalan lemah kok tubuhnya jika tidak makan sampai perut penuh. Jadi kita harus mengerem dan menakar sendiri makanan yang masuk sebagai bahan pembentuk tubuh kita. Kalau mau bentuknya gendut ya, makan yang banyak, kalau mau ideal ya secukupnya saja.
Itulah  yang perlu dilakukan, bukan memilih makanan ini, itu. tapi porsinya tetap banyak dan sering lagi makannya. 
Semoga bermanfaat.

Tiada ulasan: