26 April 2013

Mengembalikan Konsentrasi yang Hilang


Anda adalah tipe orang yang bekerja getol dan keras? Cobalah salah satunya adalah berkumur dengan minuman manis di mulut Anda dapat membantu meningkatkan kontrol diri Anda,  sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science. Para peneliti meminta 51 mahasiswa untuk menyelesaikan dua tugas pengendalian diri. Dalam setiap tes, setengah dari siswa berkumur dengan limun dan gula, sementara setengah lainnya dengan limun dan Splenda. Hasilnya: Mereka yang berkumur dengan limun dan gula menunjukkan kontrol diri yang lebih dibandingkan mereka yang berkumur dengan pemanis buatan.

Para peneliti sebelumnya mengira Anda perlu benar-benar minum glukosa dan melihat manfaatnya dalam sistem di tubuh Anda, tetapi studi baru menemukan bahwa berkumur juga bisa bekerja."Glukosa merangsang sensor karbohidrat sederhana di lidah Anda, yang kemudian merangsang sinyal pusat dari otak," kata penulis studi Matius Sanders, seorang kandidat doktor di University of Georgia. Sinyal-sinyal memerintahkan tubuh untuk memperhatikan dan membantu Anda kembali ke jalur tujuan Anda, Sanders menjelaskan.

Para peneliti tidak yakin bagaimana teknik ini berguna untuk jangka waktu yang lebih lama, atau apakah ini bisa bekerja untuk pengendalian diri yang lebih berat seperti berhenti merokok, tapi Sanders mengatakan bahwa ini tentu akan membantu dalam jangka pendek. Jika Anda kehilangan konsentrasi dan sulit memfokuskan diri pada pekerjaan Anda di kantor, pikirkan untuk berkumur dengan minuman manis seperti Gatorade. Itu berfungsi lebih baik daripada air, katanya. 

Perlu diperhatikan juga akibat buruknya terhadapa gigi anda yah...kalau makan manis, jadi ya habis kuur-kumur mungkin ya lindungi gigi anda dari pengaruh gula tersebut.

Tiada ulasan: