03 April 2013

JADILAH ORANG YANG UTAMA DENGAN SHALAT TAHAJUD

Shalat Tahajjud adalah sholat malam atau disebut Sholat lail (qiyamul lail) dikarenakan waktu yang pelaksanaan sholat dilakukan pada malam hari. Dimana kebanyakan orang sedang berbaring tidur lelap ditempat yang nyaman, ia bangun berdiri menghadap Rabbnya. Waktu sholat tahajjud bisa dilaksanakan stelah waktu isya' jika sesudah tidur terlebih dulu.

     Waktu yang paling utama dikerjakan ialah pada akhir sepertiga malam dan dilakukan setelah tidur atau sekitar jam 1 sampai menjelang subuh.
Perhitungan waktu sepertiga malam :
1. Pertama : Kira-kira pukul 19.00 s/d pukul 22.02.
2. Kedua : Kira-kira pukul 22.00 s/d pukul 01.03.
3. Ketiga : Kira-kira pukul 01.00 s/d masuk waktu subuh

Sholat sunnah Tahajjud ini merupakan sholat yang hampir tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW sepanjang hayatnya. Keutamaan sholat malam disebutkan dalam Alqur'an :
”Wa minal laili fatahajjad bihi naafilatan laka `asaa an yab`atsaka rabbuka maqaaman mahmuudan” (QS : Al-Isro’ : 79)
Artinya: Dan pada sebagian malam, sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

Kedudukan Tahajjud sangat tinggi disisi Allah dan diperintahkan langsung oleh Allah lewat ayat tersebut kepada nabi Muhammad SAW sebelum datangnya perintah shalat wajib 5 waktu. Shalat sunnat thajjud merupakan yang paling utama dari sholat-sholat sunnat yang lain. Bersabda Nabi Muhammad SAW :
“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim)

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Tahujjud
Melaksanakan shalat tahajjud sama dengan melaksanakan sholat dhuha atau shalat sunnat lainnya hanya saja yang membedakan adalah waktu pelaksanaan dan niat yang diucapkan dalam hati.
Niat Sholat Thajjud :Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Artinya: “Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah” (Di ucapkan didalam hati berbarengan saat mulut mgucapkan 'Allahu Akbar' pada saat takbiratul ihram )

Bacaan Sholat Thajjud :
1. Niat (Takbiratul Ihram) seperti disebutkan diatas
2. Membaca surat Fatihah
3. Membaca salah satu surat Alquran atau ayat alquran
4. lanjutkan seperti melaksanakan sholat sunnat pada umumnya.
Jumlah raka'at dalam tahajjud 2 raka'at lalu salam bisa dan jumlahnya tidak terbatas, sesuai kemampuan lalu ditutup dengan sholat witir 3 raka'at.

Do'a Sholat Tahajjud
Tidak ada do'a khusus yang harus dibaca setelah usai sholat, bisa berdo'a apa saja yang bisa dan hafal bahkan jika tidak ada yang hafal doa dalam bahasa arab bisa berdo'a dengan bahasa Indonesia, jawa atau bahasa lainnya. Namun Rosullah setelah bertahajjud membaca doa seperti berikut ini :




Keutamaan Sholat Tahajjud
Jika shalat tahajjud dikerjakan dengan penuh keimanan dan dilaksanakan secara khusu' ikhlas semata-mata karena Allah SWT, berdasarkan hadits nabi. Maka bagi mereka akan mendapatkan kutamaan berupa 5 macam kemuliaan dunia dan 4 macam kemuliaan Akhirat.

5 keutamaan Dunia:
1. Allah akan memlihara dari segala bencana dan bala bencana.
2. Wajahnya akan tampak bersinar sebagai tanda ketaatannya
3. Akan dicintai manusia dan hamba Allah
4. Lidahnya memiliki kemampuan mengucapkan kata yang mengandung hikmah
5. Akan diberi kelebihan menjadi orang yang bijaksana yaitu diberikan pemahaman tentang ilmu agama.

4 keutamaan Akhirat:
1. Wajahnya akan tampak berseri saat bangkit dari alam kubur pada hari pembalasan nanti
2. Akan memperoleh keringanan waktu dihisab
3. Saat menyeberang shirotol mustaqim dapat melakukan dengan cepat; secepat kilat.
4. Semua catatan amal perbuatannya di dunia akan diberikan ditangan kanannya.Mengenai

Keutamaan Tahajjud ini banyak sekali dan disebutkan dalam banyak hadits misalnya, barang siapa yang melaksanakan shalat tahajjud spertiga malam dimana setiap sepertiga malam Allah SWT turun ke langit dunia, Barang siapa yang berdoa meminta kepada Allah dengan penuh kesungguhan Allah akan mengabulkan semua do'anya.

Tiada ulasan: