17 April 2013

Kiat dan Langkah Menulis Artikel yang Baik

     Membuat artikel adalah teknik menulis yang memerlukan beberapa langkah yang perlu dilakukan agar artikelnya memiliki kualitas yang baik. Dan menarik. Jika unsurnya ini terpenuhi dengan lengkap dan baik maka artikelnya akan bernilai baik. Dan jika unsurnya ada yang kurang maka produktivitas menulisnya bisa menurun juga kualitas hasil artikelnya. Langkahnya adalah:
1. Kumpulkan Data
Data harus dicari dan peroleh cukup memadai untuk bahan artikel anda. Bisa dengan mencari di mesin pencari seperti google, atau RSS Reader anda agar hemat waktu dan internet anda.Atau bacaan favorit langganan anda.
2. Planning Bagaimana Hasil Jadi Artikel Anda
Miliki gambaran bagaimana artikel anda jadi nantinya, misal dari mulai unsur bahasanya: (gaul, formal), sudut pandang (saya, mereka), dan lain sebagainya. Lihat media yang akan dikirim, siapa saja pembacanya.
3. Menulis
Tulislah apa yang ada di kepala anda. Sebelum menguap. Bisa direvisi setelah menulis. Dari hal-hal yang menarik bagi anda, dan berkaitan dengan tema artikel anda. Fokus pada tema yang dibahas. Selingi dengan bidang lain yang menurut anda menarik dan relevan dengan tema tersebut.
4. Deadline
Buatlah batas akhir setiap anda menulis artikel. Agar Anda terpacu menulisnya dan menyelesaikannya segera. Misal hari ini harus selesai 5 artikel. Maka anda akan berusaha segera menyelesaikan 5 artikel tersebut dalam hari itu.
5. Singkirkan Penganggu
Segala hal yang menyebabkan kegagalan, gangguan, singkirkan dulu: misalnya musik, handphone, televisi atau lainnya. Sehingga pikiran tidak bercabang-cabang fokusnya.
6. Review
Ketika tulisan selesesai. Bacalah kembali, anda bisa melihat ejaan kata perkata, kalimatnya. Sambil menilai kekuarangannya. Sehingga dapat menyempurnakan lagi. Setelah anda nilai baik. Baru dikirim ke media yang anda tuju. Selamat.

Tiada ulasan: