15 April 2013

Makanan untuk Rambut Indah dan Sehat


     Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Memiliki rambut yang sehat, bersinar, tidak kusut, dan tidak cepat memutih menjadi harapan sebagian besar wanita.
Selain  jenis shampoo yang cocok dan sesuai dengan jenis rambut yang Anda punya serta gaya hidup yang sehat merupakan cerminan utama dari cara memelihara dan menjaga kesehatan rambut. Beberapa ahli gizi dari Amerika Serikat mengatakan bahwa makanan memberi pengaruh yang cukup berperan besar dalam kesehatan rambut sehingga mempengaruhi tampilan rambut.
     Beberapa peneliti ahli gizi mengatakan bahwa setiap bulan rambut manusia dapat tumbuh dengan panjang antara 1/2-1/4 inci yang dipengaruhi oleh makanan yang sehat sehingga membuat sel-sel di seluruh tubuh menjadi sehat termasuk rambut. Jika rambut yang dimiliki tipis dan jarang, makanan yang diperlukan adalah makanan yang dengan gizi seimbang yakni makanan yang dapat meningkatkan fungsi protein dan zat besi.

beberapa jenis makanan yang dapat menyehatkan dan menyuburkan rambut, diantaranya :

1. Sayuran yang berwarna hijau tua
     Segala macam jenis sayuran pastinya memiliki banyak kandungan nilai gizi dan komponen lainnya. Sayuran yang berdaun hijau seperti bayam, brokoli, bit swiss (sejenis umbi sayur yang rasanya manis). semua jenis sayuran tersebut diperkaya dengan vitamin A dan vitamin C yang merupakan makanan penting untuk kulit kepala untuk membantu menghasilkan kelenjar kulit.

2. Jenis kacang-kacangan
     Sebuah asosiasi yang bernama The American Association mengungkapkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi 3 gelas minuman yang berasal dari jenis kacang-kacangan membantu kulit kepala dan rambut untuk mencukupi vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan bagi kesehatan dan kesuburan rambut. Tak hanya itu dapat pula digunakan sebagai perawatan rambut dan menunjang pertumbuhan rambut. Makanan jenis kacang-kacangan ini seperti kacang merah (kidney beans), kacang boro (lentils), kacang kedelai, kacang brazil dan jenis kacang lainnya yang mengandung zat besi, seng (Zn) dan vitamin H serta kacang brazil yang mengandung selenium sebagai penghasil mineral alami.

3. Jenis makanan yang kaya akan lemak tak jenuh
     Tubuh juga memerlukan sebagai salah satu bahan bakar untuk energi tubuh. Namun apabila lemak yang terkandung di dalam tubuh dan darah melebihi kapasitas akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan juga rambut. Rambut sama halnya dengan tubuh yang membutuhkan lemak untuk mendorong pertumbuhan rambut. Lemak bagi rambut untuk membantu menghasilkan kelenjar minyak pada kulit kepala. Lemak yang baik dapat diperoleh dari jenis minyak biji rami, minyak primrose, minyak blackcurrant dan minyak borage. Selain itu dapat pula diperoleh dari lemak ikan seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan tongkol dan jenis ikan lainnya, namun konsumsi lemak tetap harus dijaga dan dikendalikan agar tidak berlebihan dengan cara menyeimbangkan komponen nutrisi dan gizi lainnya.

4. Sumber dari buah-buahan
     Buah-buahan yang diketahui banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A dan vitamin C yang merupakan jenis vitamin yang selalu menjadi andalan utama untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Banyak jenis buah-buahan yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, menunjang kesuburan rambut, kelembapan, dan perawatan rambut, mudah diperoleh dari jenis buah, seperti alpukat, tomat, jeruk nipis dll.

5. Serta makanan yang berasal dari jenis padi-padian, susu rendah lemak dan jenis makanan lainnya.

    Seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan yang banyak mengandung pengawet, perasa buatan dan senyawa berbahaya lainnya, seperti makanan pedas, asin, berminyak dengan tinggi kandungan lemak. Makanan yang mengandung asam tannin dari kopi, teh, nikotin yang berasal dari rokok, asam laknat yang dihasilkan secara alami oleh tubuh karena melakukan suatu pekerjaan berlebihan sehingga mendorong tubuh terakumulasi dengan banyak kandungan zat-zat beracun yang bersifat asam, yang kemudian mengakibatkan pasokan darah menjadi tidak lancar di kantung rambut
     Dengan disiplin terhadap asupan makanan yang bertujuan bukan untuk membatasi atau mengurangi asupan gizi dan komponen gizi lainnya yang berasal dari berbagai jenis makanan, akan tetapi mengatur diri untuk lebih memperhatikan asupan makanan bagi tubuh dan kesehatan lainnya termasuk rambut. Seseorang yang menjalani diet rendah kalori  tanpa mengetahui berapa besar asupan kalori yang dibutuhkan tubuh termasuk rambut hanya akan membuat rambut cepat mengalami kerusakan dan kerapuhan yang paling dekat adalah rambut rontok. Seseorang yang menjalani diet rendah kalori terkadang melupakan asupan asam lemak omega 3, seng (Zn), vitamin A dan komponen vitamin lainnya hingga mempengaruhi sistem metabolisme tubuh.
     Dengan makanan yang baik, maka selain tubuh kita sehat, juga rambut menjadi lebih cemerlang, dan tidak kusut. sehingga indah dipandang.

.

Tiada ulasan: