12 April 2013

MEMBUAT TAHU ISI ATAU TAHU BUNTING

     Makanan kesukaan saya banyak, hapir apa saja suka sih. dan diantaranya adalah tahu bunting, atau istilah lainnya disebut tahu isi. Kalau cuma dimakan tahu saja sepoh, kurang gurih, paling cuman asin, juga kadang cuman dikasih sama cabe. Nah untuk Anda yang punya moment khusus dan special tertentu. Sayang dong kalau hanya tahu begitu saja dihidangkan. So, lebih cantik dan enak kalau tahu itu dibikin hamil (bunting). gak pakai lama... Jadi.
Ibu saya suka buat tahu bunting ketika ada hajatan kecil di keluarga, seperti tahlilan, dan acara kumpul keluarga.  
Cara buatnya adalah:
1.   5 buah tahu (Lebih enaknya beli yang sudah kopong tidak ada isiny)
2.   1 butir telur ayam
3.   2 batang daun bawang merah
4.   minyak goreng/mentega
5.   5 batang buncis
6.   2 buah wortel
7.    1/4 mangkuk mi sukun

bumbu-bumbu yang dihaluskan terlebih dahulu:
8.    3 siung bawang merah
9.    1 siung bawang putih
10.   garam secukupnya
11.   penyedap rasa secukupnya

Mulailah dengan cara membuatnya:
1. Tahu dipotong segitiga, wortel dan buncis dirajang kecil-kecil persegi memanjang.
2. Tahu dilubangi tengahnya menggunakan sendok kecil, tinggalkan kulitnya kurang lebih 1/2 cm. hati-hati melakukannya ya... :)
3. bawang merah dan bawang putih ditumis sampai harum kemudian masukkan irisan buncis, wortel, dan mi sukun yang sudah dicuci, tambahkan air sedikit, garam dan penyedap rasa. tunggu sampai layu lalu angkat dan biarkan sampai dingin.
4. kocoklah telur dan campurkan dengan hasil kerokan tahu (isi tahu) tadi. campurkan dengan sayuran yang telah ditumis dan isikan pada tahu yang telah diambil dalamnya (kulit tahu).
5. Supaya tidak pecah boleh diberi campuran tepung kanji di sebagian atasnya. goreng dech...

Isi pilihan lainnya adalah: Sebagai alternatif Mi putih (mi sukun/ yang terbuat dari buah tasbih) adalah kubis, dan mungkin anda pernah dengan isi yang lainnya?

Makan selagi hangat... dan disandingkan dengan cabai secukupnya.. mantap dan nikmat buat lauk maupun dimakan sebagai laksana kue...
Juga bisa lho kayaknya buat usaha gorengan, tahu isi... cuma gak tahan terlalu lama... karena isinya keburu lahir... maksudnya basi....






Catat Ulasan