06 Mac 2013

MENGATUR WAKTU KERJA SECARA EFEKTIF

MANAJEMEN WAKTU DALAM BEKERJA AGAR PEKERJAAN TERSELESAIKAN TEPAT WAKTU

Apakah selama ini anda memiliki pekerjaan yang sudah terjadwal dengan baik ataukah belum ada jadwal khusus yang dibuat?.
Manajemen waktu kerja berusaha untuk mengukur keberhasilan anda dalam bekerja, yakni antara jadwal pekerjaan yang harus dikerjakan dengan yang anda lakukan dalam bekerja.
Maka dalam manaemen waktu kerja tersebut terdiri dari:

1. Buat catatan jadwal pekerjaan.
Catatlah dalam jadwal apa saja yang harus anda selesaikan atau kerjakan pada hari itu. Dan lakukan hanya yang tercantum dalam tugas anda di jadwal yang harus diselesaiakan.
2.  Gunakan pengingat waktu.
Gunakan alarm hand phone, jam, atau yang lain yang bisa mengingatkan anda terhadapa berakhir atau dimulaianya pekerjaan baru sesuai jadwal yang anda buat. Ini penting untuk mengingatkan anda ketika sedang sibuk-sibuknya atau asyik dalam bekerja atau ada gangguan dari luar diri anda. Sehingga tidak terjadi kelupaan.
3. Berani menolak tawaran orang lain.

Orang lain kadang datang meminta bantuan kita untuk melakukan hal-hal yang diluar pekerjaan pokok kita. Kita harus berani menolak, tentunya secara halus. bahwa kita punya tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan kita. Jangan sampai karena tidak enak hati, lantas pekerjaan kita terbengkalai dan gagal tidak selesai karena tersita waktunya untuk hal tersebut.


 4. Sadar dan tahu batas kerja.


Anda perlu menentukan batas-batas pada hal yang membebani anda. Pilihlah mana yang perlu dilakukan dan ana yang tidak perlu dilakukan. Jangan sampai tidak punya prioritas kerja setiap hari anda harus lembur melulu.
Jika demikian maka sebaiknya anda mendelegasikan sebagian pekerjaan kepada orang lain.

Demikian beberapa hal yang perlu diatur dalam mengatur waktu kerja anda agar pekerjaan lebih cepat selesai dan tepat waktu. sehingga kerja anda lebih efektif dan produktif terhindar dari menumpuknya pekerjaan yang tak kunjung selesai atau beres.












Tiada ulasan: