02 Mac 2013

TIPS MENINGKATKAN DAN MENJAGA KONSENTRASI KERJA

KONSENTRASI DALAM BEKERJA UNTUK HASIL KERJA YANG LEBIH BAIK

Setiap orang dalam melakukan pekerjaannya pasti ingin segera selesai dengan hasil yang memuaskan. Namun karena beberapa hal pekerjaan tersebut tidak berjalan dengan yang diinginkan.
Hal yang berpengaruh terhadapa hasil pekerjaan dan aktifitas orang tidak sebagaimana yang diharapkan diantaranya adalah karena konsentrasi yang rendah.
Dampak konsentrasi yang rendah mengakibatkan waktu yang tidak efisien, butuh waktu lebih lama, cara kerja yang tidak efektif, pekerjaan yang seharusnya mudah bisa jadi sulit, dan Menumpuknya pekerjaan serta tidak kunjung selesai.

Karena pentingnya konsentrasi dalam berkonstribusi pada kesuksesan penyelesaian kerja yang baik, maka disini saya sebutkan asal gangguan konsentrasi dan hal-hal yang bisa meningkatkan konsentrasi dan menjaganya agar tidak hilang.


A. Gangguan konsentrasi dari luar diri kita yakni lingkungan.
     Bisa berupa:  orang-orang yang datang dan berlalu lalang, bunyi suara-suara, bau-bau tidak sedap yang tercium, dan lain-lain.
Maka untuk mengatasi gangguan tersebut ialah dengan cara menciptakan suasana yang baik untuk bisa konsentrasi; yaitu:

1. Tutup pintu ruang kerja sehingga orang tidak lalu lalang dan keluar masuk ruang kerja dan mengganggu kerja anda. Juga meminimalkan jika ada suara-suara dari luar ruang kerja.


2. Tidak membunyikan suara musik, apalagi terlalu keras. sehingga pikiran bisa fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan.




3. Sirkulasi udara ruangan yang cukup. sehingga tidak merasa kepanasan atau terlalu dingin.
4. Keadaan ruangan yang rapi dan bersih sehingga tidak ada bau-bauan.


B. Gangguan konsentrasi dari dalam diri kita. yaitu berupa: pikiran, emosi, perasaan cemas, lapar, lelah, dan lain-lain.
Cara mengatasinya adalah dengan  cara:
1. Ambil nafas dalam-dalam sambil terpejam lalu keluarkan pelan-pelan; lalu buka mata menatap pekerjaan
2. Niatkan diri untuk beberapa waktu (Jam) ke depan fokus mengerjakan yang aan dikerjakan dan tidak boleh ada orang lain yang mengganggunya.
3. Meningkatkan ketertarikan dan minat diri pada apa yang akan dikerjakan. Bukan menjadi beban tapi menghadapi dengan semangat dan antusias.
4. Menentukan waktu yang teratur setiap hari kapan memulai dan mengakhiri pekerjaan. Usahakan disiplin dan terus menerus setia hari.
5. Persiapan yang matang  dan lengkap. sehingga tidak habis waktunya untuk mencari-cari yang kurang.
6. Tidurlah yang cukup. sehingga mata tidak lelah dan ngantuk.
7. Rajinlah olahraga, sehingga badanselalu bugar dan fit.
8. Fokus pada satu pekerjaan saja. Tidak melakukan dua atau lebih pekerjaan dalam waktu bersamaan

Demikianlah beberapa solusi yang dapat disampaikan. semoga bermanfaat bagi kita semua dalam meningkatkan dan menjaga konsentrasi kerja. dan akhirnya dapat melakukan pekerjaan dengan hasil yang baik sesuai harapan dan tepat waktu.










 

Tiada ulasan: