17 Mac 2013

AKAL PIKIRAN SEBAGAI MODAL UTAMA MANUSIA

MODAL DI DUNIA INI ADALAH JASMANI DAN JIWA KITA


Sudah saatnyalah kita memperdayakan, mempergunakan secara maksimal sumberdaya yang kita miliki untuk mencapai sukses hidup kita. Sebelum melihat sumber daya materi yang ada pada kita. Sungguh amat diprioritaskan dan dianjurkan oleh saya untuk melihat kembali nikmat pada diri sendiri. Jasmani dan rokhani kita.
Pada jasmani ini kita punya otak yang sangat canggih, yang melebihi komputer yang paling canggih. Namun sepertinya tak jarang yang kurang mengoptimalkan fungsi dari otak ini.
Otak merupakan pusat kendali keseluruhan tubuh, mulai dari mental, sosial, intelegensia, emosional, spritual dan bahasa manusia. Fungsi otak adalah untuk mengingat, memperhatikan dengan seksama, dan berpikir dengan baik.

Agar berfungsi dengan baik, Otak perlu kita perhatikan dengan sungguh-sungguh. Untuk menjaga merawat dan mempergunakan otak tersebut dengan baik, dengan perilaku yang menunjangnya. Dengan bagaimanakah itu? Berikut beberapa yang perlu diperhatikan:

1. Makan makanan yang bernutrisi baik buat otak.
Misalnya yaitu yang mengandung protein, omega 3, karbohidrat. Dan menghindari yang tidak baik, seperti misalnya: lemak hidrogen dan lemak trans.
Berikut beberapa Makanan yang baik buat otak:
a. kacang-kacangan.  Ini mampu membantu melawan insomnia mnjernihkan otak dan menambah daya ingat (memori)
b. alpukat. Ini mampu melancarkan aliran darah serta memaksimalkan kerja otak. Dan juga mengurangi tekanan darah anda
c. Kopi.  Mengandnung kafein sebagai anti oksidan yang baik untuk kesehatan otak. Ini jika diminum teratur bisa mengurangi resiko penyakit mental seperti alzheimer dan demenita.
d.Tomat.  tomat kaya akan Lycopene dan antioksidan yang bisa membantu melindungi terhadap jenis kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang diakibatkan karena faktor usia. mampu meningkatkan daya ingat.
e. Brokoli. Brokoli penghasil sumber vitamin K, cukup dikenal baik untuk meningkatkan fungsi kognitif serta kemampuan otak dalam berfikir.
f. Makanan yang mengandung vitamin B12 dan B6 yang bisa meningkatkan dan mempertahan daya ingat otak. Contohnya gandum.  
g. Salmon dan blue berri. Mungkin ini jarang kita temui di daerah kita. Namnu banyak di daerah lainnya.


2. Belajar dan terus belajar tanpa henti.
Orang yang suka membaca dan belajar mereka jarang terkena penyakit pikun. karena ia sering membaca ulang hal yang dipelajarinya. Berbeda dengan yang tak pernah belajar mereka gampang lupa. dan punya potensi yang lebih besar pikun di masa tuanya.

3. Berperilaku yang menyebabkan otak tetap berkinerja baik untuk sekarang dan jangka panjang.
a. Sarapan pagi. Sarapan ternyata cukup penting buat kesehatan otak kita. Maka, bagi anda yang jarang sarapan pagi ketika berangkat kerja, kayak saya beberapa waktu lalu. Mari hentikan kebiasaan tersebut. Dan mulailah dengan sarapan pagi. Sarapan dengan makanan bergizi seimbang. Mengombinasikan karbohidrat, protein dan lemak untuk sarapan, membuat pelepasan glukosa ke dalam darah berlangsung pada tingkat yang terkontrol. Kehadiran lemak dan protein juga membantu kita kenyang dalam waktu lebih lama, menunda lapar dan meningkatkan konsentrasi bekerja.
b. Olahraga.  Dipandang dari berbagai hal olahraga sangat baik buat kesehatan tubuh kita secara umum. Terhadap otak kitapun juga baik. yaitu: memeprlancar aliran darah dan oksigen ke otak memacu bahan aktif kimia yang dikenal sebagai faktor otak neurotropik (Brain Derived Neurotropic Factor/BDNF) yang bisa merangsang pertumbuhan sel otak

Demikian, bagaimana kita peduli terhadap otak kita, dan penggunaannya pada kehidupan kita agar dapat berfungsi baik sampai akhir hayat kita.  Semoga bermanfaat.

Tiada ulasan: