03 Mac 2013

TIPS MERAWAT GIGI

DENGAN GIGI PUTIH DAN SEHAT PIKIRAN JADI TERANG DAN JERNIH



Siapa sih yang tak ingin punya gigi sehat, tampak putih dan bersih. Jika gigi sakit maka bisa terasa sakit seperti : sakit kepala, mual, demam, dan lain-lain. Untuk itu, sangat penting untuk menjga kesehatan gigi.
Kita harus merawat gigi dengan baik dan benar.
Tips untuk merawat gigi yang bisa anda lakukan sehari-hari adalah.

1. Gosoklah Gigi Secara Rutin (Teratur) dan Pakai Pasta Gigi
Menggosok gigi adalah hal terpenting untuk menjaga kesehatan gigi. Rajin-rajinlah menggosok gigi sekurang-kurangnya dua kali tiap hari. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah setelah sarapan pagi dan sebelum tidur.
Sedangkan cara menggosok gigi yang dianjurkan adalah dari atas ke bawah.
Mengelilingi permukaan bagian depan gigi kemudian diteruskan ke bagian dalam gigi.
Gunakanlah sikat gigi yang halus agar tidak melukai gusi Anda saat menggosok gigi.
Tidak menggunakan sikat gigi secara bergantian, atau dipakai bersama.
Jangan menyikat gigi tanpa pakai pasta gigi.

2. Gunakan Obat Kumur (mouth wash)
Menggosok gigi belumlah cukup dan satu-satunya perawatan gigi, anda juga bisa menggunakan obat kumur secara rutin. Berkumurlah dengan obat kumur secara rutin setelah gosok gigi. Berkumur dapat mengurangi kuman penyebab plak pada gigi. Akan lebih baik jika Anda memilih obat kumur yang mengandung Flouride. Karena Flouride dapat membantu mencegah gigi berlubang. Dipasaran banyak sekali tersedia macam-macam obat kumur cair. Produk seperti dari pepsodent, listerine, garglin, dan lain-lain.


3. Menggunakan Benang Gigi (dental floss)
Benang gigi ini adalah pilihan alat untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih belum bisa dibersihkan dengan menggosok gigi dengan sikat gigi. Benang gigi diklaim dapat menghilangkan plak dan sisa makanan pada sela-sela gigi di bawah gusi. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca petunjuk pamakaiannya.   

4. Hindari Makan Makanan yang Manis (banyak mengandung gula)
  Makanan yang manis akan meninggalkan gula pada gigi Anda. Dan yang terjadi adalah bakteri yang ada di mulut sangat gemar terhadap gula. Bakteri-bakteri tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang.
Maka hindarilah makan makanan yang manis atau jika terlanjur makan makanan manis berkumurlah segera sesudahnya.

5. Rutin Mengganti Sikat Gigi (ganti secara periodik)
Sikat gigi merupakan alat utama untuk membersihkan gigi. Ketika Anda menggosok gigi, ada banyak bakteri yang berpindah dari gigi Anda ke sikat gigi.
Bakteri-bekteri-tersebut dapat bertahan pada sikat gigi sampai 2 hari. apabila sikat gigi Anda tidak mengering. Sikat gigi juga sangat rentan dengan pencemaran udara di toilet. Oleh karena itu dokter gigi merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi secara rutin tiga bulan sekali.

6. Hindari Makan Makanan yang Terlalu Panas atau Dingin (habis dimasak atau dari kulkas)
Makan makanan yang panas atau terlalu dingin dapat mengakibatkan terjadinya  keretakan pada gigi dan merusak sensitivitas gigi. Tunggulah menyantap makanan, agar makanan tersebut hangat dulu atau tidak terlalu dingin.

 7. Rutin Memeriksakan Gigi (keadaan gigi)
  Rutinlah mendatangi dokter gigi minimal enam bulan sekali untuk diperiksa dan dilakukan perawatan jika diperlukan. sehingga dapat melakukan pencegahan dini untuk mengurangi kerusakan gigi yang lebih parah (akut).

Demikian tips merawat gigi pada masa kini umumnya. Walaupun di desa-desa terutama kaum ibu masih banyak yang melakukan dengan cara yang lain. yang hasilnya juga mungkin tak kalah. yaitu: dengan mengunyah "nginang", yakni daun sirih dicampur "njet"dan "gambir". serta dibersihkan dengan tembakau. Ada pula yang dengan buah pinang atau "jambe".
 





Tiada ulasan: