17 Mac 2013

TIPS DAN TRIK AGAR TERHINDAR DARI KEBURUKAN CHATING DARI INTERNET DAN HANDPHONE

MANFAAT DAN MUDHARAT CHATTING

Dewasa ini dari anak-anak sampai orang dewasa sudah tidak asing lagi dengan dunia maya, dunia internet, dunia online, dunia internet. Dimana dalam berinternet kebanyakan orang mungkin, bukan untuk mencari informasi yang berguna saja, seperti materi pelajaran atau kuliah, dan informasi bisnis dan sebagainya. Namun justru banyak yang hanya untuk sekedar komunikasi dengan orang lain. Terbukti media sosial di dunia maya yang paling merajai dan terkenal. sebut saja facebook, twitter, dan yahoo messenger, juga lain-lainnya.
Di media sosial di atas orang dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan siapa saja yang ia inginkan dan jadi ditambahkan ke dalam perkenalannya. baik orang yang sudah dikenalnya di dunia nyata maupun yang tidak dikenalnya sama sekali. Di sini hampir tidak ada lagi sekat-sekat pembatas diantara anggotanya.


Pengertian chatting, yang berasal dari kata chat (bahasa Inggris: arti menurut kamus artinya adalah : obrolan). Di dalam dunia internet bentuk obrolan meliputi:
1. teks; yakni sms (short message service), dulu ada Mirc, ebuddy, yahoo messenger dan lain-lain.
sekarang, sms bisa berbentuk seperti di handphone yaitu inbox.
2. gambar dan foto;  Orang bisa memajang photo-photonya di internet, bahkan video. baik yang asli maupun yang sudah diedit dan direkayasa sedemikian rupa dengan teknologi. 

3.suara; dengan menelephone ke orang lain dalam chatting.

Menurut saya, Manfaat chatting (obrolan) dalam internet tidak jauh berbeda dengan obrolan dalam dunia nyata. Yakni bertambahnya wawasan, teman, dan pergaulan yang luas, serta informasi-informasi yang dapat kita inginkan. Adapun kelebihannya, adalah:
1. Bisa berkomunikasi dengan orang yang jauh tanpa harus datang ke orang tersebut.(hemat waktu dan biaya)
2. Pergaulan yang lebih luas.
3. Pengetahuan teknologi, bisa mengikuti teknologi masa kini.


Namun juga ada dampak negatifnya, yaitu:
1. Jika sering dilakukan dan lama juga boros pulsa, karena untuk koneksi internet baik dengan komputer maupun handphone,smartphone, laptop, atau gadget lainnya perlu pulsa yang sekarang ini masih lumayan mahal.
2. Jika sering melakukannya, juga ia menjadi sosok yang pusat perhatiannya tersedot pada perangkat komunikasi tersebut, dan teman-temannya di dunia maya. Sehingga ia kurang perhatiannya pada dunia nyatanya, lingkungan sekitarnya
3. Jka kebanyakan menatap monitor baik hand phone, komputer, laptop dsb. maka matanya akan bekerja keras dan jika terlalu dekat, biasanya anak-anak. akan berdampak buruk pada penglihatannya. Dapat disaksikan sekarang ini banyak anak yang sudah pakai kacamata minus matanya padahal masih anak-anak. Salah satunya karena banyaknya melihat monitor.

Untuk melindungi diri dari bahaya dan damapk buruk jejaring sosial dan chatting diinternet, maka menurut saya adalah, melakukan langkah sebagai berikut terutama bagi anak-anak:
1. Hati-hati dan waspada; Tidak percaya seratus persen kepada orang yang baru dikenalkannya.
2. Bikin status yang tidak lugu dan bersifat pribadi.
3. Membikin profil di jejaring sosial, jangan terlalu lengkap dan asli. 


Demikian beberapa hal yang bisa saya  tuliskan saat ini. moga bermanfaat.
AKan saya tambahkan seiring dengan waktu yang berjalan, Anda juga bisa berpartisipasi untuk menambah di kolom komentar. jika dirasa perlu. Ini semua untuk kebaikan kita semua. melindungi generasi muda dari dampak negatif perkembangan teknologi yang salah satunya adalah chattting, dan internet.







Tiada ulasan: